TUGAS 3 (konsep pendekatan saintifik, metode ilmiah,desain experiment, peluang, analisis statistik).



NAMA : NI KOMANG FEBRIANI
NIM : E1B116039
SEMESTER 3
KELAS A
nikomangfebriani11@gmail.com
nikomangfebriani11@blogspot.com
nikomangfebrianiFI11@blogspot.com
NO HP : 087855259504

TUGAS 3
 IN CLASS
·         
Carilah refrensi yang berkaitan dengan konsep pendekatan saintifik, metode ilmiah,desain experiment, peluang, analisis statistik.
·        Menuliskan pemahaman sendiri tentang hasil yang telah dibaca

CREATIVE SUMMRY
Konsep Dasar Pendekatan Saintifik
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar  peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami  berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Oleh karena itu kondisi pembelajaran yang diharapkan tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik dalam mencari tahu dari berbagai sumber  melalui observasi, dan bukan hanya diberi tahu. 
Pembelajaran dengan metode saintifik memiliki karakteristik sebagai berikut:
-         berpusat pada siswa.
-         melibatkan keterampilan proses sains dalam mengonstruksi konsep, hukum atau prinsip.
-         melibatkan proses-proses kognitif yang potensial dalam merangsang perkembangan intelek, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
-        dapat mengembangkan karakter siswa.

Metode ilmiah
Suatu pengerjaan terhadap  kebenaran yang diatur oleh berbagai pertimbangan yang logis.
Ciri-ciri metode ilmiah :
1.     bersifat kritis dan analitis
2.     logis
3.     objektif
4.     bersifat konseptual dan teoritis
5.     empiris dan sistematis
menggunakan pola berfikir deduktif  adalah penarikan kesimpulan untuk hal spesifik (khusus) dari gejala umum (pola berfikir induktif) adalah penarikan kesimpulan berdasarkan keadaaan yang spesifik untuk hal-hal yang umum.
Kriteria metode ilmiah
1.     berdasarkan fakta
2.     bebaas dari prasangka
3.     menggunakan prinsip-prinsip anlisis
4.     menggunakan hipotesis
5.     menggunakan  ukuran objektif
6.     menggunakan teknik kuantifikasi

Disain experiment

Desain eksperimen adalah suatu rancangan percobaan ( dengan tiap langkah tindakan yang betul-betul terdefinisi ) untuk memperoleh informasi yang berhubungan atau yang diperlukan dalam membahas permasalahan yang sedang dihadapi. Artinya , desain sebuah eksperimen merupakan langkah-langkah lengkap yang perlu diambil sebelum eksperimen dilakukan agar data yang diperlukan dapat diperolehsehingga diperoleh analisa yang objektif dan kesimpulan yang tepat atas permasalahan yang sedang dibahas .
Suatu desain eksperimen bertujuan untuk memperoleh atau mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang perlu dan bermanfaat dalam penyelidikan permasalahan yang akan dibahas . Namun dalam mengumpulkan informasi , desain harus dibuat sesederhana mungkin . Hal ini didukung oleh kenyataan bahwa desain yang sedemikian akan cepat dianalisa selain ekonomis . 
Langkah –langkah membuat desain eksperimen tergantung pada permasalahan yang sedang dihadapi , tetapi semua desain eksperimen mengandung hal-hal pokok , antara lain :
1. Pernyataan mengenai masalah atau persoalan yang dibahas .
2. Perumusan hipotesa .
3. Penentuan teknik dan desain eksperimenyang diperlukan .
4. Pemeriksaan semua hasil yang mungkin dan latar belakang atau alas an-alasan agar eksperimen menghasilkan informasi yang diperlukan .
5. Mempertimbangkan semua hasil ynag mungkin ditinjau dari prosedur statistic yang diharapkan berlaku .
6. Melakukan eksperimen .
7. Penggunaan teknik statistika terhadap hasil .
8. Mengambil kesimpulan dengan mempergunakan derajat kepercayaan terhadap hal-hal yang diuji .
9. Penelitian seluruh penelitian , dibandingkan dengan penelitian –penelitian lain mengenai masalah yang sama .

PELUANG
Peluang atau kebolehjadian atau dikenal juga sebagai probabilitas adalah cara untuk mengungkapkan pengetahuan atau kepercayaan bahwa suatu kejadian akan berlaku atau telah terjadi. Konsep ini telah dirumuskan dengan lebih ketat dalam matematika, dan kemudian digunakan secara lebih luas dalam tidak hanya dalam matematika atau statistika, tetapi juga keuangansains dan filsafat.

ANALISIS STATISTIK
Suatu kajian yang digunakan untuk mengukur sesuatu secara mendalam berupa kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk tabel (daftar) dan atau diagram yang menggambarkan atau berkaitan dengan suatu masalah tertentu.










PETA KONSEP : 

 
·         HIPOTESIS adalah jawaban sementara berdasarkan pada teori dan penelitian terdahulu yang belum diuji kebenarannya atas masalah yang akan diuji dan akan menghasilkan peluang  yang berupa tesis dan antithesis.
·         Statistic diperlukan dalam metode ilmiah adalah jika mengambil sampel pada populasi yang berupa angka.
Desain experiment merupakan suatu rancangan percobaan ( dengan tiap langkah tindakan yang betul-betul terdefinisi ) untuk memperoleh informasi yang berhubungan atau yang diperlukan dalam membahas permasalahan yang sedang dihadapi. Artinya , desain sebuah eksperimen merupakan langkah-langkah lengkap yang perlu diambil sebelum eksperimen dilakukan agar data yang diperlukan dapat diperolehsehingga diperoleh analisa yang objektif dan kesimpulan yang tepat atas permasalahan yang sedang dibahas .


Komentar